Cara Mengajukan Paten Merk Sudah Menjadi Tambah Gampang

Cara Mengajukan Paten Merk Sudah Menjadi Tambah Gampang

Posted on

Cara Mengajukan Paten Merek Sekarang Sudah Jadi Semakin Gampang Sebab Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum Dan HAM sudah menggelar fasilitas daftar haki online ataupun daring. Cara ini dilakukan untuk menambah persaingan di tengah-tengah penerapan Masyarakat Ekonomi Asean. Beberapa kebijakan juga sudah diterbitkan khususnya yang berhubungan dengan hak cipta, merk, dan paten di tahun ini hingga semua produk atau jasa paten mereknya bisa dilakukan dengan cara online. Untuk para pengusaha ini jelas adalah kabar gembira sebab bisa menekan biaya dan tahapan pengurusannya jadi lebih optimal.

HAK PATEN

Para pebisnis Indonesia yang ingin mengajukan paten mereknya untuk beberapa Negara saat ini cukup mendaftar haki di Indonesia saja. Kementrian tengah dalam tahapan untuk bekerja sama bareng WIPO alias World Intellectual Property Organization yang berkaitan dengan database merk. Berkas-berkas pendaftaran hanya dikirim dalam bentuk digital aja sebab semua pemberkasan bakal mempraktikkan system e-filling. System tersebut pun adalah cara mengajukan paten merk yang baik sebab tidak memerlukan dokumen yang begitu banyak ini dia syarat mendapatkan hak paten itu.

Selain menambah efisiensi, sistem ini pun lebih bisa memberi kepastian yang menggunakan sistem hukum. Ini pastinya bakal amat membantu para pebisnis ataupun pemilik produk kekayaan intelektual yang tinggal di luar daerah Jakarta. Untuk hak cipta yang termasuk adalah produk kekayaan intelektual, registrasi bisa dilakukan dengan cara online sebab tidak memerlukan tahap-tahap pengecekan substantive. Pemilik produk cuma harus isi form yang sudah disediakan didalam web resmi kementrian seperti pengisian form di pendaftaran paten merk konvensional. Pendaftaran paten merk yang adalah salah satu dari kekayaan intelektual mempraktikkan prinsip first to file hingga perbedaan selisih didalam hitungan menit saja tidak bakal memungkinkan menddaftar dengan nama merek yang serupa. Dan detail prosesnya terdapat dihalaman ini.

Hak Kekayaan Intelektual

Secara general hak paten berarti ialah hak eksklusif yang diberi pada Negara kepada creator terhadap hasil penemuannya di dunia teknologi. Hak itu diberi untuk periode waktu tertentu dengan mengerjakan sendiri invensinya ataupun memberi persetujuan pada pihak lain untuk menjalankannya. Jadi itulah prosedur menangani izin paten baik dengan cara konvensional maupun online. Mengajukan permohonan pada Ditjen HAKI. Jika pemohon sudah memenuhi syarat maka bakal dipublikasikan pada masyarakat. Jika tidak ada keberatan ataupun klaim dari orang lain maka diteruskan dengan pengecekan dan pemohon diharuskan mengajukan permohonan pengecekan.

Tahapan berikutnya ialah pengecekan substantive. Jika permintaan paten merk disetujui selanjutnya ialah penerbitan sertifikat paten. Menjelang mengajukan paten merk dengan mempraktikkan cara gampang mengajukan paten merk harus dilakukan pencarian untuk tahu apakah merk yang ingin kita ajukan patennya punya kemiripan dengan orang lain atau tidak. Jika terdapat unsur yang mirip, permintaan paten merk bakal ditolak hingga Kamu musti mengawali lagi dari pertama. Ini jelas bakal buang waktu dan tenaga, bukan? Untuk menjalankan penelusuran ini Kamu bisa berkunjung ke web resmi HKI. Bagaimana dengan cara mendaftarkan merek? temukan jawabannya disini atau anda bisa langsung mengunjungi situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.